Wajan Tak Dicuci dalam 'Emily in Paris' Disebut Hanya Mitos

Wajan Tak Dicuci dalam ‘Emily in Paris’ Disebut Hanya Mitos

Jakarta, CNN Indonesia —

Emily in Paris   tidak hanya bercerita tentang kepindahan Emily ke Paris.   Serial itu juga memotret kehidupan dan kebiasaan masyarakat Prancis. Salah satunya adalah gaya  memasak orang Prancis.

Dalam salah satu babak, tetangga Emily, Chef Gabriel (Lucas Bravo) membuatkan Emily omelet untuk sarapan. Namun, setelah menyantap omelet tersebut, Gabriel tak mengizinkan Emily mencuci wajan penggorengan tersebut.

“Itu merusak wajannya. Tersebut rahasia omeletnya. Jangan dibersihkan. Ana membiarkannya, ” kata Gabriel kepada Emily.


Emily yang berasal dari Amerika Serikat tampak kebingungan seolah tidak percaya dengan perkataan Gabriel.

Apakah benar mengekalkan wajan tak dicuci akan menghasilkan rasa omelet semakin nikmat?

Chef Vindex Tengker menjelaskan kebiasaan tersebut mitos belaka. Chef Vindex merupakan juru masak yang sudah melanglang buana berkarier di Spanyol dan Amerika Konsorsium. Dia juga akrab dengan kebiasaan dan masakan Eropa.

“Itu mitos yang enggak benar. Periuk selalu harus dicuci, ” kata Chef Vindex kepada CNNIndonesia. com .

Rahasia kenikmatan makanan bukan terletak pada wajan yang tidak sudah dicuci. Kunci makanan yang enak terdapat pada racikan bumbu serta proses memasak yang benar.

Wajan yang tidak  dicuci justru dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri sehingga berisiko menjadi sumber penyakit.

Foto: Silberfuchs/Pixabay
Ilustrasi: Kunci makanan  lezat bukan terletak pada dicuci atau tidaknya periuk penggorengan, melainkan pada racikan bumbu dan proses memasak.

Chef Vindex memisalkan mitos ini sama dengan mitos cobek baru yang tak bisa dicuci, yang juga banyak dipercaya sebagian orang di Indonesia.

“Ini berlaku juga buat cobek. Kalau cobek baru jangan dicuci dengan sabun karena batu berporos. Hanya dibilas air selalu, ” Ucap Vindex.

Vindex  menyarankan, setelah selesai memasak setiap wajan dan alat bajan harus dicuci. Ini berguna buat memastikan kebersihan makanan yang bakal masuk ke dalam tubuh.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]