Sirekap 1,5 Persen Suara, Dadang-Sahrul Unggul 55 Persen

Sirekap 1,5 Persen Suara, Dadang-Sahrul Unggul 55 Persen

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Hasil sementara quick count Pilkada Kabupaten Bandung 2020 melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan pasangan calon bupati-wakil bupati Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan unggul cukup jauh.

Dikutip CNNIndonesia.com di laman KPU, paslon nomor urut 3 itu meraup 55,9 persen sekaligus menang di seluruh 31 kecamatan.

Di urutan berikutnya ada pasangan nomor urut 1 Kurnia Agustina-Usman Sayogi dengan 22,9 persen suara dan paslon nomor urut 2 Yena Masoem-Atep Rizal 14,2 persen suara.


Data KPU tersebut diakses pada Rabu (9/12) pukul 18.30 WIB yang menyatakan suara yang masuk baru 1,5 persen.

Dadang sendiri adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat dari Fraksi Partai Golkar yang seharusnya menjabat pada periode 2019-2024.

Pasangannya Sahrul Gunawan sebelumnya sempat mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR RI pada Pemilu 2019 lalu namun gagal.

Sebelum merambah ke dunia politik, ia aktif di kancah hiburan sebagai penyanyi, pemain sinetron maupun presenter di berbagai acara TV.

Sejak masa kampanye, LSI sudah memprediksi keunggulan Dadang-Sahrul. Elektabilitas pasangan itu mencapai 45,7 persen, mengalahkan Kurnia-Usman dengan 28,2 persen dan Yena-Atep 14 persen.

Angka tersebut didapat dari jajak pendapat yang dilakukan pada 30 November-1 Desember terhadap 1.050 responden dengan margin of error 3,1 persen.

Sebagai catatan, KPU menggunakan Sirekap pada proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Serentak 9 Desember 2020. Meski demikian, Sirekap ini bukan menjadi hasil resmi pemilihan, tetapi hanya menjadi uji coba, alat bantu dan publikasi saja.

Data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Sebelumnya, hitung cepat atau quick count Pilkada Kabupaten Bandung yang dilakukan lembaga riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sudah rampung. Pasangan calon Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan dinyatakan unggul.

Dengan 100 persen suara yang masuk per 17.34 WIB, Rabu (9/12), Dadang-Sahrul mendapat 56,53 persen. Paling unggul dari dua lawannya, Kurnia Agustina-Usman Sayogi dengan 30,77 persen dan Yena Ma’soem-Atep dengan 12,70 persen.

(hyg/arh)

[Gambas:Video CNN]