sampah-plastik-tumpah-pencemaran-terburuk-di-sri-lanka-1

Sampah Plastik Tumpah, Pencemaran Terburuk di Sri Lanka

Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Nusantara —

Sri Lanka menghadapi krisis polusi perairan dan pantai terparah sudah berton-ton sampah plastik tumpah dari kapal kontainer MV X-Press Pearl yang melalak pada 20 Mei lalu terdampar. Sampai saat itu kebakaran masih terjadi dan terdapat risiko lain kebocoran minyak ke laut.

“Ada asap dan nyala api yang tampak dari kapal. Namun, kapalnya, stabil dan masih berlabuh, ” kata juru cakap angkatan laut Kapten Indika de Silva kepada AFP , disitat Sabtu (29/5).

Meski sejenis otoritas setempat lebih kacau tentang jutaan serpihan polyethylene yang berada di miring dan mengancam kembang tumbuh hewan laut di selat dangkal.


Tepi laut yang terkena dampak dikatakan terkenal dihidupi kepiting dan udang jumbo serta berupa objek wisata. Lokasi insiden ini telah ditutup dari turis, para nelayan juga telah dilarang berada di area 80 kilometer dari bibir miring dekat kapal kontainer.

“Ini kemungkinan polusi pantai terburuk dalam kenangan kami, ” kata Dharshani Lahandapura, Kepala Marine Environment and Protection Authority (MEPA) Sri Lanka.

Ribuan personel keamanan serta militer menggunakan pakaian hamzat telah ditugaskan untuk membuang pantai dari plastik serta sampah lain dari pesawat kontainer.

Sebagian besar kargo kapal, tercatat 25 ton nitric acid, sodium hydroxide, pelumas, & bahan kimia lain, diperkirakan sudah terbakar api. Namun MEPA mengatakan risiko kebocoran oli dari kapal kontainer bahan menambah parah kondisi.

X-Press Pearl yang teregistrasi di Singapura menjalani kebakaran saat menunggu antrean masuk ke pelabuhan Colombo dan tetap dalam kait jangkar di sekitar pelabuhan.

Otoritas setempat menyatakan kebakaran disebabkan kebocoran nitric acid yang sudah dikhawatirkan kru kapal sejak 11 Mei. Sebanyak 25 kru telah dievakuasi setelah ledakan muncul dari kapal.

Setidaknya empat kapal India membantu angkatan laut Sri Lanka mengontrol api. Proses penyelamatan dipimpin perusahaan Belanda, SMIT yang telah mengirim kapal spesial pemadam kebakaran.

SMIT sudah membantu memadamkan kapal tanker minyak, New Diamond, yang terbakar di lepas pantai timur Sri Lanka pada September lalu. Proses pemadaman butuh waktu sepekan, sementara dampak insiden ini merupakan tumpahan minyak sepanjang 40 km.

(fea)

[Gambas:Video CNN]