Rizieq Klaim Tak Langgar Aturan Overstay di Arab Saudi

Rizieq Klaim Tak Langgar Aturan Overstay di Arab Saudi

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemimpin Front Pembela Islam ( FPI ) Rizieq Shihab   menyangkal bahwa dirinya sempat terbelit masalah izin tinggal yang kedaluwarsa atau  overstay di Arab Saudi.

“Saya katakan mulai keadaan ini, siapapun, termasuk pejabat Indonesia, baik di dalam maupun asing negeri, kalau ada yang mengutarakan saya overstay , saya akan tuntut secara adat, ” kata Rizieq dalam keterangannya yang disiarkan di kanal Youtube Front TV, Rabu (4/11).

Menurut Rizieq, langkah tersebut perlu diambil pasal pihak-pihak tersebut menuduhnya telah menentang hukum terkait aturan overstay . Ia mengatakan selama ini pejabat Indonesia tidak memahami aturan soal overstay di Arab Saudi.


Dalam kesempatan itu, Rizieq juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi dengan telah mengizinkannya pulang. Ia mengisbatkan, kepulangannya ini tidak dibantu sebab pemerintah Indonesia.

“Selanjutnya saya ingin sampaikan, jika ada pihak manapun dan siapapun sebab pemerintah Indonesia yang mengaku menimbrung membantu atau melobi pemerintah Saudi dalam kepulangan saya ini, hamba nyatakan bohong besar, ” tutur Rizieq.

“Itu hoaks. Jadi sekali teristimewa, saya tidak ingin merepotkan negeri Indonesia, ” kata dia memasukkan.

Pendukung Rizieq sebelumnya menuding pihak-pihak di dalam daerah mencegah kepulangan pemimpinnya itu, salah satunya karena unsur politik. Itu bahkan menyebut ada peran intelijen yang membuat Rizieq saat itu masih tertahan di Saudi.

Pemerintah kemudian membantah tudingan tersebut dan menyatakan kepulangan Rizieq terhalang oleh masalah izin susunan yang kedaluwarsa atau overstay .

Caraka Besar RI untuk Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan Rizieq memang sudah tak memiliki izin status sah di Saudi sejak 20 Juli 2018.

Rizieq akhirnya akan kembali ke Indonesia setelah menetap di Saudi sejak 2017. Ia mengklaim bakal muncul di Indonesia, Selasa (10/11).  

Infografis Rizieq Shihab yang Tak Pulang-pulang. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

(dmi/pmg)

[Gambas:Video CNN]