Persen IX DPR: Kerumunan Rizieq Shihab Alarm bagi Pemerintah

Persen IX DPR: Kerumunan Rizieq Shihab Alarm bagi Pemerintah

Jakarta, CNN Indonesia —

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan ( PDIP ), Muchamad Nabil Haroen, menyatakan kalau kerumunan di Bandara Soekarno Hatta saat kepulangan Rizieq Shihab merupakan alarm bagi pemerintah di sedang pandemi Covid-19.

“Peristiwa kerumunan yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta ketika HRS [Habib Rizieq Shihab] kembali ke Indonesia harusnya menjadi alarm, bahwa sungguh prosedur pengamanan dan penertiban gerombolan harus diperiksa ulang, ” prawacana pria yang karib disapa Gus Nabil itu melalui keterangan terekam, Sabtu (14/11).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama itu memandang SatgasCovid-19 harus memberikan teguran agar tak terjadi peristiwa serupa.


Ia juga berharap tak ada pembenaran atas kelengahan atau penyalahgunaan protokol yang mudarat pihak lain secara luas seolah-olah ini.

“Ini hal penting yang harus disampaikan biar masyarakat secara luas juga  aware  bahwa protokol kesehatan di zaman pandemi ini bisa diberlakukan secara ketat, ” katanya.

Kepulangan Rizieq Shihab selaku pemimpin Front Pembela Islam dari Arab Saudi ke Indonesia pada Selasa (10/11) lalu memang menimbulkan gerombolan karena para pendukung menyambutnya dalam Bandara Soekarno Hatta.

[Gambas:Video CNN]

Para pendukung tersebut berkerumun minus menjaga jarak meski Indonesia cukup menghadapi pandemi Covid-19.

Beberapa hari di Jakarta, Rizieq juga sudah mengisi agenda dalam mana penerapan protokol kesehatan belum optimal. Sejumlah agenda itu di antaranya peringatan Maulid Nabi Muhamnad SAW di Pondok Ranggon dan Tebet.

Hari ini, Rizieq kembali diagendakan menggelar acara pernikahan putrinya, Syarifah Najwa Shihab, di Petamburan, Jakarta Pusat. Agenda itu kemudian diikuti dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW malam harinya.

(ryn/has)