penanganan-awal-pada-penderita-gejala-sinusitis-menurut-ahli-1

Pengerjaan Awal pada Penderita Petunjuk Sinusitis Menurut Ahli

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Nusantara —

Sinusitis ialah penyakit peradangan yang berlaku pada hidung dan menyebabkan hidung tersumbat.   Pasal sinusitis tak lain karena infeksi dan pembengkakan dalam sinus atau rongga wajah. Biasanya ini terjadi akibat adanya penyumbatan di dalamnya.

Dokter ahli Telinga Hidung Tenggorok (THT) Hemastia Manuhara yang tergabung dalam Perhimpunan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) membagikan beberapa tips untuk penanganan yang tepat jika Anda merasai gejala sinusitis.

Beberapa di antaranya mulai dari pemberian obat kecil hingga menambah asupan vitamin dan mineral.


“Jika baru merasakan gejala awal, ada cara penanganan awal dengan pemberian obat dekongestan. Sekitar 10 hari sampai gejalanya kering, ” kata Hemastia, seolah-olah dikutip Antara .

Pemberian obat dekongestan ini sebagai obat pereda peradangan yang dapat menuntaskan hidung tersumbat, misalnya bagaikan obat flu dengan perut pseudoefedrin.

Selain itu, bagi orang dengan mengalami gejala awal sinusitis berupa nyeri pada arah wajah dan mengalami sumbatan di hidung disarankan selalu mengonsumsi paracetamol.

“Meski tidak mengalami demam, dengan meminum Paracetamol bisa meringankan nyeri di bagian wajah karena mengandung anti nyeri, ” ujar Hemastia.

Selanjutnya, dia menyarankan untuk penderita dengan gejala awal sinusitis melestarikan daya tahan tubuh secara minum vitamin C & juga Zinc.

Kedua kandungan vitamin & mineral itu diketahui dapat membantu meningkatkan imunitas awak.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan oleh penderita sinusitis adalah rutin mencuci hidung.

“Ini yang paling istimewa, setidaknya dilakukan tiga kala satu hari untuk menghilangkan sumbatan- sumbatan yang tersedia di rongga hidung, ” ujar dokter yang juga berpraktik di Rumah Kecil Hermina Tangerang itu.

Ada pun kaum gejala yang dirasakan dalam penderita sinusitis dimulai sebab hidung tersumbat sehingga menyebabkan pernafasan tidak lancar. Selain itu penderita sinusitis mempunyai ingus yang berwarna pelit atau kehijauan.

Batuk di pagi ataupun malam hari serta sakit di bagian wajah serupa termasuk dalam gejala sinusitis sehingga harus diwaspadai.

“Sinusitis terdiri daripada dua jenis ada dengan akut dan kronis, jika tidak bisa disembuhkan dengan penanganan awal maka cepat periksakan ke dokter buat penanganan lebih lanjut, ” kata Hemastia.

(agn)

[Gambas:Video CNN]