mengenal-jenis-teh-premium-asal-indonesia-1

Mengenal Jenis Teh Premium Pokok Indonesia

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Apa jenis teh yang Anda konsumsi sehari-hari? Kadang tanpa memperhatikan jenisnya, orang lebih mementingkan kehadiran teh untuk melepas dahaga juga memberikan kesegaran pada tengah cuaca panas.

Terbukti dari polling CNNIndonesia. com yang dilakukan beberapa waktu lalu, mayoritas responden lebih menyukai es teh daripada teh rapat. Lebih dari separuh responden mengaku sebagai ‘Tim Teh’ (53, 7 persen), sedangkan lainnya merupakan ‘Tim Kopi’ (46, 3 persen).

Jika mau digali lagi, teh asal Indonesia memiliki keistimewaan. Ketua Dewan Teh Indonesia,   Rachmad Gunadi  menyebut teh Indonesia memiliki kombinasi rasa & aroma yang unik.


“[Sebuah] konsekuensi dari suasana cuaca dataran tinggi serta panasnya daerah tropika. Ini yang menjadikan berbeda secara daerah asalnya yaitu daerah subtropis, ” kata Rachmad melalui pesan singkat di dalam CNNIndonesia. com , Jumat (28/5).

Tak kalah dengan teh-teh impor, Indonesia pun memproduksi beraneka macam jenis teh premium. Mengenai teh putih, teh kuning, teh merah, teh muda premium, teh melati premium, juga teh merah Tambi.

1. Teh putih (white tea)

White tea nama lain teh putih jadi salah satu jenis teh premium dalam Indonesia. Sesuai namanya, teh putih memiliki hasil seduhan berwarna putih pucat hingga kekuningan.

Produksinya begitu kecil sebab teh putih hanya menggunakan pucuk teh. Biasanya dua daun teratas yang diambil. Teh putih bakal lebih elok lagi jika kondisi daun masih menggulung.

Teh satu ini mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Besar Pusat Studi Biofarmaka Tropika dari LPPM IPB, Irmanida Batubara berkata teh suci mengandung antioksidan hingga 16 persen. Sedangkan, rata-rata teh asal Indonesia memiliki perut antioksidan sebesar 13 upah.

“Kenapa agung? karena dia hanya memakai pucuk teh. Daun teh itu, semakin dia pucuknya semakin tinggi kandungan antioksidannya, makin ke bawah dia makin rendah, ” kata pendahuluan Irma dalam sebuah dialog virtual, beberapa waktu awut-awutan.

Teh putih dipasarkan dengan kisaran harga Rp100ribu-Rp150ribu.

dua. Teh kuning (yellow tea)

Seduhan berupa kuning terang membuat teh kuning mudah dikenali. Melansir dari Times of India, warna kuning ini tak alami. Warna kuning diperoleh dari proses yang disebut ‘Sealed Yellowing’. Polifenol teh (katekin) terlebih dahulu dioksidasi hingga timbul semburat pelit, baru kemudian diolah lebih lanjut untuk mempertahankan warna dan aroma daun.

Mungkin namanya tidak sepopuler teh hijau atau teh hitam, tetapi kata soal manfaat teh jenis ini tidak kalah secara teh hijau. Jika dimakan rutin, teh kuning mampu membantu menurunkan ukuran pinggang juga kadar kolesterol awak.

3. Teh merah (red tea)

Istilah red tea bisa merujuk ke kaum jenis teh termasuk teh roiboos dari Afrika juga teh kembang sepatu. Pada Asia, teh merah diasosiasikan dengan teh hitam.

Hanya saja itu tidak sepenuhnya aneh. Menahan informasi dari berbagai sumber, teh merah juga memakai teh hitam dalam pemrosesannya.

Di daerah Gunung Halimun, Jawa Barat, teh dibuat dengan proses oksidasi fermentasi penuh sehingga rasa pahitnya berkurang.

4. Teh melati premium

Rasanya jenis teh satu ini akrab di lidah karakter Indonesia. Teh melati menganjurkan teh dengan aroma melati yang menyegarkan. Sebelum keputusannya sampai di berbagai belahan dunia, teh melati kali pertama meraih popularitas pada masa pemerintahan dinasti Ming.

Selain mengecap dan aromanya yang memikat, teh melati rupanya mendatangkan aneka manfaat untuk kesehatan tubuh. Melansir dari Boldsky, teh melati bisa membantu menyandarkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, menyehatkan jantung pula menurunkan risiko diabetes.

5. Teh muda premi

Baik teh hijau maupun teh hitam sebenarnya berasal sebab daun teh yang pas yakni, Camellia sinensis. Yang membedakan proses pengolahannya. Teh hitam akan dioksidasi selama beberapa jam sebelum dikeringkan, sedangkan teh hijau langsung dikukus setelah dipetik.

Menyandang nama ‘premium’ berarti teh dibuat sebab campuran teh murni dari pemetikan di waktu terbatas. Perbedaan wilayah tanam selalu memberikan citarasa berbeda. Terbukti secara ilmiah, teh muda mampu mencegah kanker, meningkatkan kesehata jantung, juga membantu menurunkan berat badan.

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]