Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan, Atasi Mual hingga Stres

Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan, Atasi Mual hingga Stres

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Penggunaan aromaterapi atau essential oils belakangan sedang populer di masa pandemi Covid-19. Terdapat sejumlah manfaat aromaterapi untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Aromaterapi merupakan metode penyembuhan holistik yang dilakukan menggunakan wewangian yang berasal dari bunga, akar, daun, maupun percampurannya. Aromaterapi sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai obat untuk meningkatkan kesehatan fisik dan emosional.

Berbagai aromaterapi digunakan dari waktu ke waktu. Mulai dari masker tanah liat, minyak, krim, losion, garam mandi, penyemprot, lilin, hingga difuser. Setiap jenis aromaterapi bisa digunakan sendiri-sendiri maupun dikombinasikan.


Sebagaimana dilansir Medical News Today, aromaterapi adalah terapi pelengkap bukan sebagai obat untuk penyakit, tetapi mendukung penyembuhan untuk berbagai kondisi.

Saat aromaterapi digunakan, wangi akan menguap dan menyebar ke seluruh ruangan. Menghirup wangi aromaterapi dapat merangsang sistem penciuman, otak, dan organ lainnya.

Molekul dari aromaterapi akan masuk ke hidung mengalir ke paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Saat mencapai otak, molekul tersebut akan mempengaruhi sistem limbik yang terkait dengan emosi, detak jantung, tekanan darah, pernapasan, memori, stres, dan keseimbangan hormon.

Aromaterapi yang langsung diaplikasikan ke tubuh juga memberikan manfaat dengan langsung menyerap ke dalam tubuh dan menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Berikut manfaat aromaterapi atau minyak essensial untuk kesehatan yang sudah terbukti:

1. Mual
2. Pegal-pegal
3. Stres, kecemasan, agitasi (sindrom yang menggambarkan keadaan dimana terjadi aktivitas psikomotor yang tidak terorganisir), dan depresi
4. Kelelahan dan insomnia
5. Sakit otot
6. Sakit kepala
7. Masalah peredaran darah
8. Masalah menstruasi
9. Masalah menopause
10. Rambut rontok

Terlepas dari 10 manfaat tersebut, aromaterapi juga disebut membantu meredakan gejala penyakit kulit seperti psoriasis. 

Namun, perlu ajuran dari profesional tentang penggunaan dan aplikasi aromaterapi atau essential oil pada penderita psoriasis.

Selain itu, masalah pencernaan juga mungkin mendapat manfaat dari minyak peppermint. Namun, ini sebaiknya tidak dicerna secara langsung.

Begitu juga dengan sakit gigi dan sariawan yang bisa diatasi dengan minyak cengkih, ini sebaiknya hanya dioleskan dan tidak tertelan.

(ptj/agn)

[Gambas:Video CNN]