GP Ansor: Habib Tak Pantas Doakan Orang Lain Berumur Pendek

GP Ansor: Habib Tak Pantas Doakan Orang Lain Berumur Pendek

Jakarta, CNN Indonesia —

Ketua Umum Gerakan Muda Ansor ( GP Ansor ) Yaqut Cholil Qoumas menilai doa dengan dipanjatkan oleh Habib Idrus Jamalulail agar Presiden Joko Widodo   dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri   berumur kompak tak pantas dipanjatkan oleh seseorang yang memiliki gelar habib.

Doa itu sempat dipanjatkan oleh Idrus pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Imam Besar FPI, Rizieq Shihab di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

“Doa pendek umur nyata tidak pantas, ” kata Yaqut kepada CNNIndonesia . com , Selasa (17/11).


Yaqut mengatakan seseorang yang memiliki menyelenggarakan ketokohan agama seperti habib, buya, hingga ustaz wajib mendoakan dengan baik bagi semua manusia. Sebab, tokoh agama itu menjadi panutan bagi para jemaahnya masing-masing.

“Bukan hanya Habib. Buya, ustadz, siapapun saja, kalau memberkati ya yang baik-baik, ” sirih Yaqut.

Senada, politikus PDI Perjuangan Rahmad Handoyo memperhitungkan berdoa harus dilakukan dengan jalan dan tujuan yang baik. Ia percaya bila seseorang mendoakan dengan buruk akan kembali pada dirinya sendiri.

“Sehingga terang bahwa hukum berdoa jelek untuk orang lain ialah haram & belum tentu diijabah oleh Allah, ” kata Rahmad dalam tanda resminya.

Rahmad mengatakan bahwa Jokowi serta Megawati adalah sosok pemaaf. Sudah banyak fitnah dan cacian yang sering diterima kedua tokoh tersebut, namun tetap membuka pintu maaf.

Oleh karena itu, Rahmad meminta agar para tipu agama bisa menjaga ucapannya untuk senantiasa bijaksana dihadapan para pengikutnya.

“Saya imbau pada yang mengaku ulama bertutur sebutan yang bijak serta siar kebaikan, karena semuanya ini akan mampu diikutin umat, ” kata tempat.

Idrus Jamalulail sempat menyelipkan doa agar Mega & Jokowi berumur pendek saat berpidato singkat dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan. Sebaliknya, Idrus memanjatkan doa agar Rizieq Shihab berumur panjang.

Videonya viral di media sosial. Ceramah itu diketahui disiarkan langsung oleh media hak FPI di kanal Youtube Depan TV.

Meski begitu, Tim Kuasa Hukum FPI Aziz Yanuar menilai doa yang dipanjatkan oleh Idrus itu merupakan kaidah pribadi.

“Ya tersebut pendapat pribadinya beliau. Saya enggak bisa menanggapi lebih lanjut, ” kata Aziz kemarin.

(rzr/bmw)

[Gambas:Video CNN]