china-denda-alibaba-rp40-triliun-terbesar-dalam-sejarah-1

China Denda Alibaba Rp40 Triliun, Terbesar dalam Sejarah

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemerintah China   mendenda  Alibaba senilai 18 miliar yuan atau setara Rp40, 49 triliun karena dianggap melanggar aturan anti-monopoli.

Denda akan menyengsarakan keuangan perusahaan. Nilai kompensasi tersebut setara 4 tip dari total pendapatan manusia besar e-commerce China pada 2019.

Sebelumnya, pemerintah China tidak pernah menyampaikan denda sebesar ini kepada perusahaan nasionalnya. Denda pernah diberikan kepada Qualcomm, pembuat chip asal Amerika Konsorsium senilai 6 miliar yuan pada 2015.


“Ini memang urusan anti-monopoli profil tertinggi pada China, ” ungkap Kepala Penelitian BOCOM Internasional Hong Hao di Hong Kong, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/4).

Denda dijatuhkan berdasarkan hasil investigasi Badan Administrasi Negeri untuk Peraturan Pasar Simpanan (State Administration for Market Regulation/SMAR) China.

SMAR menjumpai bahwa Alibaba dianggap telah mendesak para klien untuk tidak berbisnis dengan pesaing mereka di pasar semenjak 2015. Temuan ini mengenai aturan anti-monopoli dan peredaran barang bebas di China.

Atas keputusan ini, Alibaba dalam pemberitahuan resminya menyatakan telah menerima pemberitahuan denda dan menerima keputusan itu. Alibaba mengiakan akan patuh.

(abd/asa)

[Gambas:Video CNN]