11-kali-hati-hati-dari-jokowi-yang-khawatir-kasus-mudik-1

11 Kali ‘Hati-hati’ dari Jokowi yang Khawatir Kasus Pegangan

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joko Widodo mengaku khawatir  mudik   Lebaran Idulfitri tahun ini memicu lonjakan kasus Covid-19 .   Jokowi bahkan datang menyebut kata hati-hati had 11 kali saat berpidato.

Jokowi mengucapkan mudik Idulfitri tahun berantakan berimbas pada peningkatan jumlah kasus Covid-19 sebanyak 93 persen. Dia khawatir kejadian serupa terjadi tahun itu.

“Saya banget masih khawatir mengenai pegangan di Hari Raya Idulfitri, ” tutur Jokowi di dalam Pengarahan Presiden RI pada Kepala Daerah se-Indonesia Tarikh 2021 yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4).


Kata hati-hati pertama diucapkan Jokowi masa membahas gelombang dua pandemi Covid-19 di India. Tempat mengatakan India dan sebesar negara lainnya sedang menikmati lonjakan Covid-19.

Jokowi meminta kepala daerah memperhatikan perkembangan kasus Covid-19 di daerah masing-masing secara hati-hati. Dia tak ingin situasi yang terjadi dalam India juga dialami Indonesia.

“Ini dengan menjadi kehati-hatian kita semuanya, hati-hati perkembangan di India. Tidak hanya di India, ada di Turki serta Brazil dan beberapa dalam Uni Eropa, hati-hati, ” ucap Jokowi.

Jokowi selalu mengulang kata hati-hati saat meminta kepala daerah memperhatikan penerapan larangan mudik. Dia juga mengucap hati-hati era menyebut ada kenaikan jumlah kasus Covid-19 di 10 provinsi.

Bekas Wali Kota Solo tersebut juga merapal kata hati-hati saat menjabarkan lonjakan angka kasus di setiap libur panjang. Dia meminta Pemda berhati-hati dalam mengantisipasi daya kejadian berulang.

“Oleh sebab itu, waspada, hati-hati, libur pasca perut minggu lalu (kasus Covid-19 meningkat) kurang lebih dekat 2 persen, hati-hati, ” kata Jokowi.

Pemerintah melegalkan larangan mudik pada zaman libu Lebaran Idulfitri tahun ini. Larangan berlaku dalam 6-17 Mei 2021.

Meski begitu, negeri mencatat masih ada 18, 9 juta orang awak yang berniat mudik tahun ini. Angka itu didapat lewat survei yang digelar pemerintah.

(gil)

[Gambas:Video CNN]